Perkembangan Baju Kaos Oblong & Masuknya di Indonesia

Pada kesempatan yang lalu, kita telah membahas tentang “Sejarah Awal Baju Kaos Oblong”. Pada abad ke-18 hingga awal abad ke-20, baju kaos oblong hanya digunakan terbatas oleh tentang Inggris dan Amerika serikat lalu kemudian mulai menarik perhatian masyarakat umum melalui pertunjukan teater. Rupanya penggunaan baju kaos menuai polemik karena dianggap tidak pantas sebagai baju luaran, dianggap tidak beretika.

Pada kesempatan ini, kita akan melanjutkan pembahasan tersebut secara singkat tentang bagaimana baju kaos oblong menjadi tren, berkembang dan masuk di Indonesia.
  • Kaos Oblong tren pada kalangan anak muda
Demam baju kaos oblong semakin meningkat pada tahun 1955 di benua Amerika dan Eropa. Hal ini dipicu oleh aktor James Dean yang mengenakan kaos oblong dalam film Rebel Without A Cause. Kehadiran film tersebut benar-benar seakan wabah yang menyebarkan deman baju kaos oblong.

Penggunaan baju kaos oblong sebagai pakaian sehari-hari, tidak terbatas pada pakaian dalam saja, sudah mulai menyebar di seluruh benua Amerika dan Eropa sejak film tersebut dirilis. Tidak hanya digunakan pada aktifitas sehari-hari, tetapi juga menjadi bagian dari dunia fashion. Peningkatan signifikan terjadi pada tahun 60an disaat kaum hippies merajai dunia. Baju kaos oblong menjadi state of fashion. Kaum hippes menggunakan kaos oblong sebagai symbol mereka, yaitu symbol anti kemapanan. Ini adalah titik di mana revolusi kaos oblong benar-benar terjadi. Bukan hanya di kalangan masyarakat umum, pada pengusaha pun semakin tersadar bahwa baju kaos oblong adalah media yang sangat efektif untuk melakukan promosi atau kampanye. Hal ini dikarenakan efisiensinya yang sangat luar biasa, selain dapat dijadikan souvenir, harganya juga murah, dan mobile, yaitu menjadi media iklan yang bergerak tak terbatas.

Selain kaum hippies, kelompok lain juga ikut menyumbang dalam perkembangan baju kaos oblong. Kelompok tersebut seperti komunitas Punk dan kelompok partai. Mereka menyadari bahwa baju kaos oblong tidak hanya dapat berfungsi sebagai pakaian, tetapi sebagai media untuk menyebarkan idea tau media propaganda. Segala bentuk iklan dapat dicetak di atasnya, baik itu berupa gambar maupun tulisan. Tentu pada saat itu baju kaos oblong menjadi media yang jauh lebih baik dari media lain yang telah ada, seperti Koran dan poster. Kaos oblong adalah media yang tahan lama dan dapat bergerak mengikuti arah penggunanya.

Setiap organisasi atau kelompok menggunakan baju kaos oblong sebagai sarana untuk menyebarkan idenya. Tentu kelompok tersebut berusaha menonjolkan identitas mereka, sehingga baju kaos oblong tersebut menjadi semakin bervariasi. Fungsi utama baju kaos oblong tidak lagi terbatas sebagai kebutuhan sandang tetapi sudah melebihi fungsi dasarnya. Kaos oblong sudah menjadi media terbaik untuk melakukan kampanye.

  • Baju Kaos Oblong Sebagai Identitas Penggunanya
Selain sebagai pakaian, kaos oblong juga sebagai identitas. Bukan hanya organisasi anti kemapanan, organisasi politik atau perusahaan, tetapi juga individu dapat mengaktualisasikan diri mereka melalui baju kaos oblong. Hal ini member peluang besar pada creator-kreator seni untuk membantu kliennya dalam merancang design sesuai keinginan. Selain tulisan yang di design sedemikian rupa, gambar atau foto pun dapat mereka rekayasa sehingga sesuai identitas kelompok atau individu tertentu. Hal ini tentunya juga menjadi pendorong yang sangat kuat dalam perkembangan baju kaos oblong. Tidak hanya pada tahun 60an, tetapi fenomena ini juga dapat kita amati pada saat sekarang, di mana sangat banyak komunitas dan individu yang berusaha mengekspresikan diri dan kelompok mereka melalui baju kaos oblong yang digunakannya.

  • Masuk dan berkembangnya Baju Kaos oblong di Indonesia
Kita tidak mengetahui secara pasti waktu masuknya kaos oblong di Indonesia. Kemungkinan besar kaos oblong masuk di Indonesia dibawa oleh Bangsa Belanda. Tapi kita tidak tahu pasti tahun berapa itu terjadi. Pada awalnya masuknya, yaitu pada zaman Belanda, Baju kaos oblong sangat eksklusive karena keterbatasan teknologi pada masa itu. Hanya golongan elite yang dapat menggunakan baju jenis ini.

Perkembangan baju kaos oblong yang signifikan di Indonesia dimulai pada awal tahun 70an. Baju kaos oblong sudah mulai merambah hingga ke pelosok desa. Tentu pada saat itu modelnya masih sangat sederhana, yaitu berwarna putih, terbuat dari katun tipis, ketat dan dirancang untuk digunakan oleh kaum pria.
Merek yang terkenal pada waktu itu adalah Swan dan 77 serta Cabe Rawit, Kembang Manggis, dan lainnya. Tidak hanya tiu, seorang tokoh seniman, yaitu Kartunis GM Sudarta mengabadikannya melalui karyanya “Generasi Kaos Oblong”.

Perkemangan baju kaos oblong di Indonesia yang lebih pesat terjadi pada tahun 1980an dimana kaos oblong sudah dikuasai oleh industri kreatif. Pada waktu itu muncullah merek yang terkenal seperti C59 dari Bandung, Dagadu dari Yogyakarta dan Joger dari Bali. Ketiga merek tersebut memiliki design sablon yang menarik dan unik sehingga sangat mudah diterima oleh masyarakat. Ada juga merek lain di waktu yang sama dipasarkan di supermarket seperti Hammer, Osella dan Poshboy.

Generasi selanjutnya yang kemudian mempengaruhi perkembangan baju kaos hingga saat ini adalah Distro yang muncul pada tahun 1990an. Mereka memproduksi sendiri dan menjualnya sendiri. Mereka memproduksi baju kaos sablonan secara unik dan terbatas sehingga kesannya limited edition yang menjadi gengsi tersendiri oleh para konsumennya. Meskipun popularitas baju kaos Distro mulai menurun, akan tetapi tidak dapat disangkal masih banyak designer dan kreator yang menjadikan produk kaos distro sebagai acuan dalam membuat karyanya sendiri. Salah satu contoh konveksi baju kaos yang jual baju kaos murah adalah Fatih T-Shirt.

Demikian ulasan singkat tentang “Perkembangan Baju Kaos Oblong & Masuknya di Indonesia”. Kami harapkan ini dapat membantu agan sekalian dalam penelusuran sejarah baju kaos oblong. Untuk itulah, barangkali video berikut juga dapat membantu
[youtube src="rSTU54b9Au4"/]

Baju kaos oblong memiliki perjalanan yang cukup panjang hingga menjadi baju yang populer hingga ke Indonesia. Berikut artikel tentang Perkembangan Baju Kaos Oblong & Masuknya di Indonesia