Membersihkan noda darah kering dengan Sabun dan Air

Tentu sangat menjengkelkan jika baju kaos kesayangan kita terkena noda darah. Apalagi jika noda darah tersebut sudah kering karena belum sempat dibersihkan hingga tuntas. Noda darah kering pada baju rupanya tidak mudah untuk dibersihkan. Diperlukan beberapa trik khusus untuk membersihkannya. Pada kesempatan ini, kita akan saling berbagi tentang cara membersihkan noda darah kering pada baju kaos kesayangan kita menggunakan sabun dan air.

Cara membersihkan noda darah kering pada baju kaos dengan Sabun dan Air

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk membersihkan noda darah kering menggunakan sabun dan air. Cara ini terutama digunakan untuk baju berbahan dasar katun, misalnya baju kaos combed dan baju berbahan linen. Kain jenis ini juga misalnya adalah kain wol karena mengandung serat buatan. Cara ini memang membutuhkan waktu lebih lama untuk menggosok dengan lembut.

  1. Langkah pertama adalah baliklah baju anda agar nodanya menghadap ke bawah. Membalik baju seperti ini akan membuat noda dapat terdorong keluar. Dengan bantuan air akan lebih mudah mendorong doda tersebut keluar jika posisi baju terbalik. Tentu cara ini lebih efektif dibanding menyiram langsung dengan air dari permukaan luar baju.
  2. Setelah baju dibalik (bagian dalam ditarik keluar), siramlah noda darah tersebut dengan air dingin. Biarkan kain berada di bawah air yang mengalir selama beberapa menit. Paling tidak ini akan mengecilkan atau mengurangi noda darah yang begitu meresap ke dalam kain baju kita. Kesalahan yang sering dilakukan adalah menyiram noda darah pada baju kaos menggunakan air panas. Hal ini dapat menyebabkan noda darah tersebut jadi matang dan melekat secara permanen. Jadi pastikan anda menyiramnya dengan air dingin.
  3. Setelah beberapa menit menyiram dengan air, selanjutnya gosoklah noda darah tersebut dengan sabun. Ingat, saat menggosok dengan sabun, baju masih dalam keadaan terbalik. Sabun yang disarankan adalah sabun batangan. Gosokkanlah sabun batang tersebut berkali-kali agar dapat menghasilkan busa yang banyak.
  4. Kucek noda menggunakan tangan. Setelah digosokkan dengan sabun, genggam kain dengan kedua tangan. Pastingan noda darah berada pada posisi tengah atau berada di antara kedua tangan kita. Setelah digenggam, kerutkan kain atau rapatkan kedua tangan anda dan dorong tangan secara bergantian ke depan dan ke belakang. Putar kedua genggaman anda dengan arah yang berlawanan. Jika kain baju kaos anda lembut, jangan terlalu kuat menguceknya namun pastikan kucekan kita lebih cepat. Namun jika kain baju kaos anda tebal, maka silahkan kucek dengan kuat. Jadi, jika cara mengucek anda sudah benar, maka kedua sisi noda akan saling bergesekan dan menyebabkan partikel darah yang menempel dapat dikurangi. Jika anda khawatir terkena iritasi, maka sebaiknya gunakan kaos tangan saat mengucek agar tangan anda tidak terkena iritasi.
  5. Jika kain sudah terasa kering atau air dan busanya berkurang, bilaslah baju anda dengan air segar dan ulangi kembali mulai dari langkah pertama di atas. Setelah dibilas, perhatikan apakah noda darah kering tersebut berkurang atau tidak. Jika belum berkurang, lakukan proses mengucek lebih kuat dan lebih cepat. Namun jika belum berhasil juga, maka sebaiknya gunakan cara lain.

Berikut ini beberapa cara lain yang mungkin dapat anda terapkan jika cara di atas tidak berhasil menghilangkan noda darah kering:
  • Membersihkan noda darah kering dengan Sabun dan Air
  • Membersihkan noda darah kering dengan Pelunak Daging
  • Membersihkan noda darah kering dengan Pembersih Enzimatik
  • Membersihkan noda darah kering dengan Jus Lemon dan Sinar Matahari
  • Membersihkan noda darah kering dengan Perawatan yang Lebih Kuat

Jangan lupa simak juga video tentang cara membersihkan noda darah pada kain atau baju:

[youtube src="aMf2uM_FZ6U"/]

Bagi anda yang memiliki baju kaos kesayangan namun terkena noda darah yang telah mengering, jangan khawatir. Berikut ini cara membersihkan noda darah kering dengan Sabun dan Air