Membersihkan noda darah kering dengan Pelunak Daging

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang cara membersihkan noda darah kering pada baju kaos kesayangan kita dengan menggunakan sabun dan air. Namun jika cara tersebut ternyata belum dapat menghilangkan noda darah pada baju kita, maka cara lain yang mungkin dapat kita coba adalah dengan membersihkan noda darah menggunakan pelunak daging. Mungkin cara ini tidak lazim digunakan karena secara teknis pelunak daging tentu digunakan untuk melunakkan daging, bukan untuk mencuci baju atau pakaian. Tapi, tidak masalah, barangkali cara ini dapat membantu kita untuk merawat baju kaos kesayangan kita.

Kenapa pelunak daging dapat digunakan membersihkan noda darah? Karena darah mengandung protein sedangkan pelunak daging berfungsi untuk memecahkan protein yang terdapat di dalam darah. Harap diperhatikan bahwa cara ini tidak disarankan digunakan pada baju yang kainnya berbahan dasar sutra dan wol. Pelunak daging dapat memecahkan serat kain wol dan sutra, meskipun cara ini sebenarnya juga dianjurkan oleh beberapa ahli sutra. Jika ragu, sebaiknya tes dulu pada kain wol atau sutra yang lain, tes pada bagian sudutnya saja, lalu perhatikan apakah terjadi kerusakan atau tidak.

Baik, jika anda yakin ingin mencoba cara ini, silahkan dibaca dengan perlahan langkah-langkahnya sebagai berikut:

Cara Membersihkan noda darah kering dengan Pelunak Daging

  1. Basahi pelunak daging tanpa menggunakan bumbu. Secara teknis memang bumbu hanya diperlukan jika hendak memasak :D . Cara membasahinya adalah dengan mengambil pelunak daging sebanyak 15 ml atau 1 sendok makan lalu simpan di mangkok atau media lain yang dianggap cocok. Tambahkan air secara perlahan sedikit demi sedikit dan aduk hingga pelunak daging ini berubah seperti pasta. Ingat ya, jangan pakai bumbu, karena bumbu akan merusak baju alias menambah noda baju anda.
  2. Jika pelunak dagingnya sudah berbentuk pasta, selanjutnya oleskan pasta tersebut di atas noda darah kering, gosokkan dengan jari anda dengan lembut. Setelah itu biarkan pasta pelunak daging tersebut meresap. Diamkan sekitar 1 jam.
  3. Jika sudah sampai 1 jam, selanjutnya bilaslah pasta pelunak daging tersebut dengan air dingin. Pastikan tidak menggunakan air panas karena dapat menyebabkan noda menempel secara permanen. Jika sudah dibilas, cucilah baju kaos anda dengan cara biasa. Setelah itu keringkan secara alami tanpa menggunakan pengering karena mengeringkan dengan cara paksa dapat menyebabkan noda menempel lebih kuat secara permanen.

Itulah cara membersihkan noda darah kering menggunakan pelunak daging. Jika cara tersebut tidak juga berhasil, mungkin sebaiknya baca cara lainnya berikut ini:
  • Membersihkan noda darah kering dengan Sabun dan Air
  • Membersihkan noda darah kering dengan Pelunak Daging
  • Membersihkan noda darah kering dengan Pembersih Enzimatik
  • Membersihkan noda darah kering dengan Jus Lemon dan Sinar Matahari
  • Membersihkan noda darah kering dengan Perawatan yang Lebih Kuat

Jangan lupa simak juga video tentang cara membersihkan noda darah pada kain atau baju:
[youtube src="aMf2uM_FZ6U"/]

Jika sabun tidak dapat menghilangkan noda darah kering, mungkin artikel tentang Cara Membersihkan noda darah kering dengan Pelunak Daging ini dapat membantu