Cara Merawat Baju Kaos Sablon

Halo sahabat Fatih, kembali kita berbagi cerita tentang baju kaos. Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang perbedaan baju kaos distro dengan baju kaos polos biasa. Baju kaos distro rupanya memiliki perbedaan signifikan jika dibandingkan dengan baju kaos biasa, silahkan dibaca artikelnya jika dibutuhkan.

Pada kesempatan ini kita akan sharing bagaimana merawat baju kaos sablonan (baik itu sejenis baju kaos distro atau yang lainnya) agar baju kaos keren kesayangan kita tetap awet alis bertahan lama. Banyak teman kita, terutama cowok, yang kurang memperhatikan masalah pakaian. Yang penting tidak bau dipake saja, tanpa memperhatikan kerapihan atau kenampakan dari baju yang dikenakan. Terkadang kita membeli baju lewat penyedia jasa sablon baju atau mendapat hadiah berupa baju kaos yang sangat berharga. Mungki karena baju kaos tersebut mengandung nilai seni yang tinggi atau ada cerita tertentu dibaliknya. Sangat sayang jika baju kaos kesayangan kita cepat rusak atau tampak tidak bernilai karena kelalaian kita sendiri yang tidak memperhatikan dalam perawatannya. Berikut cara merawat baju kaos sablonan kita.
  • Tidak Merendam Baju Kaos secara berlebihan
Jika anda hendak mencuci baju kaos anda, sebaiknya hindari merendam baju tersebut terlalu lama, maksimal 30 menit. Jika perlu hindarilah mencuci baju dengan mengawalinya dengan merendam. Jika hendak dicuci, sebaiknya langsung dicuci saja tidak usah direndam. Makanya, jika menggunakan baju kaos, sebaiknya jangan menggunakannya terlalu lama untuk menghindari noda yang parah. Biasanya kita merendam baju karena terlalu banyak noda atau keringat yang menempel.
  • Sortir baju kaos sesuai warna dan kotorannya
Ini terutama jika baju kaos kesayangan anda berwarna putih. Sebaiknya pisahkan baju kaos kesayangan anda dengan baju lain yang berwarna kuat atau terang. Begitu juga halnya jika ada pakaian lain yang sangat kotor, sebaiknya jangan digabung karena kotoran dapat menular melalui air atau karena bersentuhan langsung, hehehe
  • Jangan menggunakan sikat
Usahakan mencuci baju kaos kesayangan anda dengan cara mengucek alias tidak menggunakan sikat. Salah satu dampak yang diakibatkan karena penggunaan sikat ini adalah baju menjadi Nampak berbulu. Wah, sangat sayang jika baju kaos andalan kita jadi rusak karenanya, apalgi jika itu adalah baju komunitas, kan malu jika baju kita kelihatan berbulu. Selain itu, gambar yang telah disablon pada baju kaos juga akan mudah rusak atau terkelupas jika disikat.
  • Baju Kaos dibalik saat dijemur
Untuk menghindari terkena dari sinar matahari langsung, sebaiknya jemur baju kaos kesayangan anda dalam posisi terbalik, yaitu bagian dalam diputar keluar. Jika terkena sinar matahari langsung, kain baju kaos dan gambar sablonnya akan cepat luntur.
  • Sebaiknya tidak menggunakan Hanger
Memang kesannya rapih sih jika menjemur menggunakan hanger. Tapi lambat laun kerah baju kaos kesayangan kita akan melar dan tidak kebayang betapa tidak nyamannya jika kita menggunakan baju kaos dengan kerah yang melar.
  • Sebaiknya jangan menggunakan Pemutih
Mencuci baju kaos dengan deterjen yang mengadung pemutih dapat menyebabkan kerusakan pada gambar sablon pada baju. Selain itu, zat kimi pemutih ini juga menyebabkan kain baju kaos kita semakin tipis dan kasar.
  • Sebaiknya cuci manual tanpa mesin cuci
Jika anda memiliki banyak pakain kotor, sebaiknya pisahkan baju kaos kesayangan kita dan dicuci manual. Tapi jangan menggunakan sikat seperti halnya pada poin sebelumnya. Mencuci dengan mesin cuci menyebabkan pakaian jadi melar dan kasar.
  • Rajin Setrika
Yah, biar baju terlihat lebih rapih, tentu harus rajin disetrika. Tapi ingat pada bagian sablonnya jangan sampai terkena setrika karena dapat menyebabkan gambar sablon meleleh. Suhu setrika sebaiknya diatur pada kondisi panas yang sedang.
  • Segera bersihkan Noda
Jangan membiarkan noda kering pada baju kaos andalan kita. Jika terkena noda, misalnya kecap atau noda lain, segera dicuci bagian yang terkena, kucek menggunakan sabun atau shampoo. Jika noda dibiarkan kering dapat mengeras dan sulit dicuci
  • Simpan rapih di tempat yang kering
Simpanlah baju kaos anda setelah dicuci dan disetrika di tempat yang kering. Jangan menyimpannya jika belum dilipat rapih sebab akan membentuk pola baju yang kusut.

Demikian penjelasan saya tentang “Cara Merawat Baju Kaos Sablon”. Jika butuh penjelasan tambahan, mungkin video berikut ini dapat membantu, silahkan di-play:
[youtube src="C4EQAshVGvI"/]
Repost oleh Fatih T-Shirt - Jual Baju Kaos Murah

Baju kaos sablon kesayangan kita harus dirawat dengan baik. Silahkan dibaca penjelasan tentang cara merawat baju kaos sablon berikut